Indonesia Vs Myanmar: Duel Juru Taktik Tim Muda

Luis Milla
Luis Milla secara resmi diperkenalkan sebagai pelatih Timnas Indonesia pada 20 Januari lalu di kantor PSSI. Dia mendapat kontrak dua tahun untuk membawa skuat Garuda tampil bagus di SEA Games 2017 di Malaysia dan Asian Games 2018.
Pria kelahiran 51 tahun lalu itu sudah kenyang pengalaman untuk melatih tim muda, baik level klub maupun timnas. Sejak melepas peran sebagai asisten pelatih Getafe, dia naik kelas menjadi pelatih kepala di timnas U-19 dan U-20 Spanyol selama dua tahun hingga 2010.
Setahun kemudian, kariernya menanjak dengan melatih skuat U-21 yang diisi nama-nama bintang dunia saat ini seperti David De Gea, Juan Mata, Ander Herrera, Thiago Alcantara, hingga Javi Martinez. Hasilnya, trofi juara Piala Eropa U-21 berhasil dibawa pulang Spanyol.
Pada 2012 dia sempat menukangi timnas U-23 tapi dipecat lantaran Spanyol gagal di fase grup Olimpiade 2012 London. Timnas Indonesia U-22 merupakan tim nasional pertama setelah Spanyol yang dilatihnya. Mantan gelandang bertahan tersebut ditargetkan membawa gelar juara dalam dua tahun masa kerjanya.
“Ketika memutuskan bertarung, kita harus menang meski saat ini masih berada dalam tahap pembentukan tim. Perjalanan masih panjang karena SEA Games masih di bulan Agustus,” tutur Milla dalam jumpa pers, Kamis (16/3/2017) di Karawaci, Tangerang.
“Di sisi lain kami ingin mendapat image bagus dari masyarakat dengan kemenangan,” ucap Luis Milla.
Bukan hanya target juara SEA Games 2017, skuat Garuda juga dituntut bisa meraih medali emas dalam ajang Asian Games, yang digelar di Indonesia tahun depan.

abasudamerica.com Tips Pasaran Bola Online Sumber: Liputan6