TC Timnas Indonesia Fokus Benahi Kondisi Fisik Pemain

bola online –┬áKondisi fisik para pemain yang dipanggil belum membuat tim pelatih TimnasIndonesia puas. Karenanya, pada pemusatan latihan (TC) kali ini, mereka fokus meningkatkan kondisi fisik para pemain, yang diplot bakal membela Skuat Garuda di ajang Piala AFF 2016 tersebut.

“Dari hasil tes fisik kemarin, kita lihat VO2Max pemain rendah,” ujar Asisten Pelatih Timnas Indonesia, Wolfgang Pikal, pada Bola.net.

“Karenanya target dan fokus kita pada TC ini adalah meningkatkan kondisi fisik pemain tersebut,” sambungnya.

Namun, meski fokus meningkatkan kondisi fisik, Pikal menyebut TC kali ini tak didominasi menu-menu latihan fisik belaka. Deputi Alfred Riedl ini menyebut Bayu Pradana dan kawan-kawan juga akan diberi porsi latihan lain.

“Ada juga latihan teknik dan taktik pada TC ini,” tuturnya.

Timnas Indonesia saat ini sedang melakoni pemusatan latihan. Program ini dihelat sejak 20 Oktober lalu dan akan usai pada 26 Oktober mendatang. Seusai TC, skuat timnas Garuda sudah ditunggu dua laga uji coba yakni melawan Myanmar di Yangon pada 4 November dan Vietnam pada 8 November di Hanoi.

TC kali ini diikuti 25 pemain, menyusul cederanya Irfan Bachdim. Bachdim bukan satu-satunya pemain yang harus absen pada TC ini. Penjaga gawang Persija Jakarta, Andritany Ardhiyasa harus absen pada TC ini akibat cedera hamstring. Namun, berbeda dengan Bachdim yang posisinya tak diganti pemain lain, posisi Andritany diisi kiper Semen Padang, Jandia Eka Putra.

Sementara itu, Pikal menyebut bahwa TC ini juga digunakan untuk memperkuat pondasi tim. Hal ini tak lepas dari masih adanya pemain-pemain baru yang bergabung di Timnas Indonesia.

“Kita upayakan agar pemain-pemain baru paham sistem bermain. Selain itu, kita coba satukan pemain dengan filosofi permainan positif dan ofensif,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *